Mengenal Jenis-jenis Aplikasi Adobe dan Fungsinya


Dulu ketika mendengar kata Adobe yang terbayang dibenak saya adalah Adobe Photoshop, karna pertama kali belajar komputer Adobe Photoshop lah yang saya pelajari. Tepi setelah ditelusuri ternyata product Adobe itu banyak sekali, ada puluhan bahkan ratusan aplikasi yang berhasil dirilisnya. Dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung kebutuhan penggunanya. Tentu kita kita tidak harus mempelajari semua, tapi kita bisa memilih salahsatu aplikasi dibawah sesuai kebutuhan kita.

Baiklah berikut beberapa aplikasi product atau keluarga Adobe yang bisa kita gunakan sebagai penunjang project-project sesuai kebutuhan kita.

Adobe Photoshop
Aplikasi yang digunakan untuk membuat, atau mengedit gambar berbasis bitmap yang paling banyak digunakan di dunia design grafiesh.


Adobe Photoshop Lightroom
Ini lebih difokuskan untuk retouching foto, seperti tone dan warna. fiturnya lebih mudah di banding retouching menggunakan Photoshop.

Adobe Reader
Adobe Reader Atau Adobe Acrobat Reader berfungsi untuk membaca,mencari, memverivikasi dan menandai secara digital dan mencetak data dengan format PDF.


Adobe Ilustrator
Adobe Ilustrator adalah aplikasi untuk mengolah,mengedit atau mendesign gambar berbasis vector.

Adobe Premier Pro
Adalah bagian dari Adobe Creative Suite yang dirancang untuk video editing.
Adobe Premier Pro mendukung beberapa jenis pengeditan dengan berbagai plug-in untuk memudahkan proses pengeditan.

Adobe Flash
Adalah sebuah aplikasi yang di rancang khusus untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk membangun situs web  yang dinamis dan interaktif.  Biasanya untuk memutar video yang ada di internet.

Adobe After Effect
Ini adalah aplikasi video editing, kalian bisa mengedit atau menambahkan effect pada video. Seperti effect cahaya, api, mengganti beckground video dll.


Adobe Acrobat
Aplikasi ini adalah untuk membuat dokumen berektensi PDF.
Aplikasi ini bisa membuat file PDF dari berbagai format dengan mudah.
dan juga bisa mengkonversi file PDF ke format Office.


Adobe Director
Ini adalah Authoring tool multimedia dengan standar industry dan internet yang memungkinkan penggunanya untuk membuat perangkap lunak dalam film, dan digunakan untuk menjadi sutradara. Aplikasi ini mendukung multimedia baik 2D maupun 3D.

Adobe Audition
Adalah program pengolah multimedia khususnya Audio(suara).
Seperti merekam, memperbaiki kualitas suara, menambah effect suara, menggabungkan berbagai track menjadi satu, lalu menyimpan dalam berbagai format.

Adobe Firework
Adalah salah satu dari banyaknya program Adobe untuk mendesign sebuah web. Kelebihan aplikasi ini adalah kemampuanya untuk mendesign web di klaim lebih mudah dari aplikasi Adobe yang lainya.


Adobe InDesign
Berfungsi membuat Playout,Ini adalah penyempurnaan dari Adobe PageMaker.
Dengan Adobe Indesign pengerjaan di bidang playout menjadi semakin mudah, seperti layout koran,halaman,tabloid dan sejenisnya

Adobe Stock
Aplikasi yg berfungsi untuk mengakses lebih dari 90juta gambar berkualitas tinggi, baik grafik, video, template maupun hasil karya 3D.
kalian bisa coba aplikasi ini untuk mencari video, grafik ataupun hasil 3D yang luar biasa, dan kalian juga bisa memposting dan menjual hasil karyanya disini.


Adobe Shockwave Player
Aplikasi untuk memutar multimedia yang ada pada website yang sedang dikunjungi. Fungsinya seperti Adobe Flash Player, hanya saja lebih difokuskan pada keperluan perangkap 3D seperti demo atau Game.

Adobe Soundbooth
Ini adalah aplikasi penyinting suara dan music dari Adobe System.
Aplikasi ini sering digunakan untuk mengolah suara audio, maupun membuat music seperti Adobe Audition.

Adobe Dimention
Adobe Dimention atau project felix, Aplikasi yang memudahkan penggunanya gambar photo realistic dengan kualitas tinggi. Terdapat fitur 2D dan 3D dalam aplikasi ini guna menghasilkan karya 3D yang berkualitas tinggi visualisasi dan abstract art.

Adobe PageMaker
Fungsinya sama seperti Adobe InDesign. Salah satu program design grafiesh untuk mendesign sebuah publikasi, seperi, brosur, poster, kartu, majalah, dan sejenisnya.

Adobe In Coppy
Adalah aplikasi pengolah kata profesional yang terintegrasi dengan Adobe InDesign. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menulis, merancang dokumen dan mengedit.

Adobe Bridge
Adalah aplikasi manajemen aset digital untuk mengolah file digital seperti, editing video,foto dan sejenisnya. 

Adobe Dreamweaver

Aplikasi yang biasa digunakan untuk mengedit halaman pada web. Biasanya aplikasi ini digunakan oleh pengembang web karna penggunaanya yang mudah, selain itu juga banyak fitur yang menarik disana.


Ya itulah beberapa program Adobe dengan fungsinya yang beragam. Sebenarnya masih banyak Adobe-Adobe yang lain tapi hanya aplikasi diataslah yang saya sedikit paham. Kalian bisa memilih salah satu dari aplikasi diatas sesuai kebutuhan kalian. Terimakasih dan semoga bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages - Menu