Solusi Mengatasi Printer Error dengan Mudah

             Terkadang printer menjadi sangat penting walaupun saat ini kita dihadapkan dengan era digital yang semua sudah serba bisa di simpan dalam bentuk file dengan format yg bermacam-macam  tergantung perangkapnya, dan kita pun bsa membuka sesuka hati tanpa harus repot-repot  mencetak/ngeprint. Medianya pun beragam dari Android, Gatget, Computer dan masih banyak lagi. Tapi terkadang ada hal-hal yang mengharuskan kita mencetak, entah itu foto buat KTP, lamaran kerja atau hal-hal lain misalkan membuat denah kerja atau apalah pokoknya penting.. hehe.. dan biar bagaimana kita harus paham dalam mengoprasikan printer, apabila suatu saat mendesak dan printer error  (kaya yg baca) jdi kita gak usah repot-repot ke tukang servis.
          Dan apabila kalian memiliki printer Canon dengan tipe MP 285/MP 287 yg kebetulan error, berikut saya akan kasih beberapa hal penyebab serta cara mengatasinya.






1. Error E02 (Printer Is Out of Paper)
  
 Ini saya bilang mudah dan kalian gak perlu panik, error 102 biasanya dikarenakan kertas habis, atau jika kertas masih ada tapi pesan      error masih nongol
, kalian bisa mengeluarkan sisa kertas dan memasukanya lagi, karna kemungkinan kertas tidak terpasang dengan      baik.


2. Error E03 ( Paper Jam)
    Masih di masalah kertas, pesan error E03 ini biasanya kertas nyangkut. Untuk mengatasinya kalian bisa coba cara di bawah ini.

    Keluarkan semua kertas, dan keluarkan kertas yang tersangkut, tapi jangan menariknya terlalu keras karna bisa merusak component      yg ada. lalu restart printer,

     Jika error masih muncul dan belum bisa mencetak juga, coba periksa bagian ro
ller kemungkinan ada benda yg masuk dan                      tersangkut di dalamnya,

    Jika cara di atas sudah dicoba tapi masih saja blm bisa mencetak, kemungkinan ada masalah dengan rol
ler kertas atau sensor kertas      yg terletak di atas roler kertas.



3. Error E04 atau Error E05 (Ink Cartridge cannot be recognized)
  Error di atas bisa terjadi karna catridgenya bermasalah, biasanya board pada catridge kotor    atau rusak. Solusi, cabut catridge     dan bersihkan pada pin bagian belakang catridge dengan        tisu kering lalu pasang kembali.


4. Error E07 (Ink Cartridge is not installed in the correct position)
    Error E07 biasanya catridge tidak terpasang dengan benar.
    Solusi :  Cabutlah catridge dan pasang kembali, tapi jika masih muncul biasanya catridge minta di reset.

    Kalian bisa meresetnya dengan software kusus. dan bisa mencari softwarenya di google dengan kata kunci resister Canon                        MP285/MP287 pastikan tidak ada virus dari file yang kalian download.


5. Error E08 (Ink absorber is almost full)
    Printer dengan tinta cair tentu terdapat busa untuk menyerap tinta yang menetes dari catridge ketika proses printing
, atau                      untuk  menyerap tinta yg tumpah kedalam printer yg terjadi secara tidak sengaja.  Jjika eror E08 terjadi yang kalian harus                          lakukan  adalah membongkar printer dan melepas ink absorber (busa penyerap tinta) membersihkan dan memasangya lagi.
   Tapi sebaiknya sebelum membongkar kalian reset dulu printernya dengan software yg kita bahas diatas, karna bisa jadi ink                      absorber belum penuh hanya kesalahan pada sistemnya aja.

6. Error E13 Atau Error E16 (Ink has run out)

    Tinta hampir habis. Tapi jika dirasa tinta masih banyak tapi error tetap muncul, cobalah tekan tombol stop/resume  dan tahan                sampai display menunjukan angka  1.


7. Error P02 (Cartridge Error)
    Error ini terjadi biasanya adanya masalah pada catridge, atau bisa jadi ada benda atau kotoran yg masuk kedalam ancorder.                     Encorder adalah mika yg melintas dari ujung kiri ke ujung kanan di dalam printer. Cobalah cabut printer dan bersihkan
     Encordernya. error di atas juga bisa terjadi akibat board catridge yang kotor

Nah itulah beberapa masalah yang sering kita temui dalam cetak mencatak menggunakan printer Canon. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages - Menu